Mengapa Air Laut Terasa Asin?


Air laut tidak menjadi asin dengan sendirinya. Bahkan lewat berbagai penelitian diperkirakan pada masa awal terbentuknya lautan miriaran tahun yang lalu, air laut sama sekali tidak terasa asin. Tetapi,


sungai-sungai yang airnya bermuara ke lautlah yang menghantarkan mineral-mineral garam menuju laut, sehingga lama-kelamaan air laut menjadi asin.

Bagaimana proses itu bisa berlangsung?

Proses ini berawal dari daratan. Seperti kita ketahui, tanah juga bebatuan di bumi ini mengandung berbagai macam zat mineral atau paduan zat mineral yang berguna bagi makhluk hidup. Musalnya saja zat besi, mangan, sulfur, natrium ataupun garam.

Sementara itu, sungai-sungai yang ada di bumi ini secara perlahan tapi pasti mengalirkan airnya menuju laut. Nah, dalam perjalanannya, air sungai ini mengikis tanah, batu, endapan pasir dan membawa serta zat-zat di dalamnya sedikit demi sedikit menuju laut. Sebagian dari kikisan ini ada yang hanya terbawa separuh jalan dan mengendap di ujung-ujung sungai, membentuk daratan bernama delta. Namun sebagian lagi dari kikisan air mineral ini bisa terbawa sampai ke laut.

Nah, garam adalah air mineral yang amat mudah larut di dalam air, sehingga sebagian besar dari mineral garam yang terkikis dan larut dalam air sungai bisa terbawa hingga ke laut. Kejadian ini berlangsung terus menerus. Tambahan pula, saat laut terkena panas matahari, sebagian airnya menguap dan meninggalkan butiran garam, yang tadinya larut, tetap berada di laut. Maka, dalam waktu yang begitu panjang, kurang lebih empat miliar tahun, kandungan garam dari daratan yang terbawa aliran sungai ini pun menjadi semakin banyak sehingga air laut pun akhirnya menjadi asin seperti sekarang.

Memang sih, air laut asin ini tidak bisa dikonsumsi oleh manusia sebagai air minum. Tetapi dari air laut inilahjustru manusia bisa memperoleh garam yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari tanpa harus susah payah mengikisnya dari tanah dan batuan.

Dengan melakukan pemanasan buatan pada sejumlah air laut yang sudah dikumpulkan, manusia berhasil menguapkan air laut dan dengan cukup mudah memperoleh butiran-butiran garam sebagai hasilnya.

2 Responses to Mengapa Air Laut Terasa Asin?

  1. ax35 mengatakan:

    Bagus… Makasih infonya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: