Macam-Macam Cara Menyontek Saat Ujian dan Tip dan Trik Mengawas Ujian


Tulisan ini bukan untuk mengajarkan anda untuk menyontek saat ujian, tetapi juga sebagai informasi bagi anda para guru yang mungkin mengawas saat pelaksanaan ujian sehingga anda waspada terhadap gerak mencurigakan siswa saat ujian. Tulisan ini hanyalah berdasarkan pengalaman pada saat masih sekolah dulu yang banyak dilakukan oleh teman-teman semasa sekolah. Beberapa cara yang paling lazim dilakukan yaitu :
  1. Membuat kertas contekan (kepe’an). Bentuknya bermacam2 ada yang berbentuk kertas kecil yang digulung atau dilipat, sampai kertas kecil dan panjang yang dilipat-lipat. Perkembangan terbaru yang pernah ada yaitu foto copy catatan yang sudah diperkecil skalanya, dan kertas yang telah diketik dengan komputer dan di print dalam ukuran sangat kecil dan rapi.
  2. Membuat catatan kecil di telapak tangan, ini adalah cara kuno tetapi kadang masih diterapkan. Cara ini biasa dilakukan untuk mencatat suatu catatan penting yang susah dihafal misalnya rumus atau suatu point penting yang rumit untuk dihafalkan. Kebanyakan cara ini kurang efektif karena informasi yang dituliskan belum tentu keluar saat ujian dan keterbatasan telapak tangan yang hanya dapat menampung sedikit tulisan.
  3. Membuat atau menulis catatan kecil dibangku atau meja ujian. Ini juga adalah cara kuno yang dilakukan oleh siswa saat ujian dan paling umum dilakukan oleh pelajar di Indonesia. Buruknya pengawasan terhadap tata tertib dan kerapian di kelas membuat meja dan bangku terlihat jorok dengan berbagai tulisan hasil karya siswa. Banyaknya coretan2 di bangku dan meja ini menyamarkan contekan siswa saat ujian.
  4. http://smpn1rasaujaya.files.wordpress.com/2009/03/111120092130.jpg?w=218&h=162
  5. Membawa buku catatan atau buku paket kedalam kelas. Ini adalah cara menyontek yang paling ekstrim namun bila berhasil diterapkan akan sukses besar, ya jelas aja karena semuanya ada di buku. Tetapi cara ini paling jarang digunakan kecuali oleh siswa yang master mencontek dan umumnya agak bandel di kelas. Hal yang menunjang untuk melakukan ini adalah meja ujian yang memiliki sorokan/kolong yang lebar dan tidak nampak. Posisi duduk juga mempengaruhi dalam pelaksanaan misi rahasia ini.
  6. Bekerja sama dalam menjawab soal ujian. Hal ini membutuhkan kekompakan yang baik diantara siswa. Dalam pelaksanaannya biasanya mereka merancang kode-kode untuk saling berkomunikasi, misal jawaban A pegang hidung, Jawaban B garuk2 kepala, Jawaban C batuk.. dan banyak trik lainnya.
  7. Melirik jawaban teman sebelah. Cara ini paling gampang diterapkan dan paling lazim digunakan, tetapi ini tidak boleh dilakukan dalam waktu yang lama karena akan membuat mata pelaku menjadi pusing sehingga kehilangan konsentrasi untuk mengerjakan soal berikutnya. Kelalaian dan kelengahan teman sebelah saat mengerjakan ujian membuat kesempatan bagi siswa untuk melihat jawabannya.
  8. Membuat contekan di media HP atau BB. Cara ini jarang dilakukan karena susah untuk menerapkannya, disamping ukuran HP dan BB yang cukup mencolok, cahaya yang ditimbulkan dari layarnya juga mudah menarik perhatian. Selain itu sudah ada aturan yang melarang siswa untuk membawa HP saat ujian.
  9. Membawa contekan di WC. Cara ini agak kurang efektif karena hanya bisa dilakukan dalam waktu yang singkat dan tidak bisa sering karena bakalan mencurigakan. Kalau terlalu sering pengawas akan curiga karena sering izin ke belakang.
Tip dan Trik Mengawas Ujian
Untuk mengantisipasi dan melakukan pengawasan agar siswa tidak berhasil mencontek dikelas, bagi pengawas ujian dapat melakukan beberapa cara berikut :
  • http://lyric13.files.wordpress.com/2012/03/12282900630.jpg?w=207&h=207
  • Apabila bangku ujian di urutkan dengan nomor maka pengacakannya harus seacak mungkin, buat keistimewaan bagi anak yang pernah kedapatan mencontek atau dalam sejarah ujiannya dulu pernah ketahuan mencontek dan bagi anak yang sediikit bandel. Anak yang seperti ini harus ditempatkan di bangku tengah bagian depan untuk mempersulit misi menconteknya.
  • Kebersihan bangku dan meja ujian juga harus diperhatikan, jangan biarkan murid anda mencoret2 di bangku atau meja terlebih-lebih di dinding kelas.
  • Siswa tidak diperbolehkan membawa tas dan barang apapun termasuk HP kecuali alat tulis kedalam ruang kelas ujian. Bila perlu lakukan penggeledahan juga pada baju dan kocek celana murid, untuk putri tentunya guru perempuan yang menggeledah.
  • Berkeliling saat ujian berlangsung, anda sebagai pengawas tidak dianjurkan untuk hanya diam dan duduk di meja pengawas… berkelilinglah dan berhenti pada sudut2 tertentu untuk sesekali mengawas. Sudut yang paling tepat untuk mengawas yaitu di daerah belakang, banyaklah berkeliling ditempat siswa yang nampak gelisah dan diam.
  • Buat jebakan untuk menangkap pelaku, misalnya anda pura2 tidak terlalu mengawas, pura2 keluar sebentar, atau diam dalam waktu yang lama dibagian belakang.. bila ada siswa yang berusaha untuk mencari dimana posisi anda bisa diyakini dia berniat untuk mencontek.
  • Anda harus tahu ciri-ciri siswa yang berniat untuk mencontek diantaranya seperti :
    • siswa cenderung menunduk dan terlihat kurang aktivitas saat ujian, periksa sorokan atau kolong meja ujian dan suruh ia berdiri sebentar karena dicurigai ia mencoba melihat kertas contekan yang ada dibawah meja atau diatas maupun dibawah paha.
    • siswa nampak gelisah bila kita dekati dan tampak sedang melihat2 situasi, biasanya 99% siswa dengan perilaku seperti ini pasti berniat untuk mencontek karena ia tampak takut dan melihat keadaan bila aman.
    • Siswa dengan mata yang sesekali menjeling kekanan atau kekiri, biasanya ia berusaha untuk mencontek teman sebelahnya.
    • Siswa berbisik-bisik atau melakukan gerak-gerik yang mencurigakan, ini mungkin sedang melakukan komunikasi dengan teman disekitarnya.
    • Siswa yang terlihat sibuk menulis kemudian diam sesaat sambil melihat kebawah kemudian sibuk menulis lagi, kemungkinan ia sedang menyalin tulisan yang ada dikertas contekannya.
    • Perhatikan siswa yang terlihat banyak diam karena ia sudah tidak bisa menjawab soal lagi, ini biasa terjadi di waktu hampir habis dimana siswa kebingungan mau menjawab apa lagi dan biasanya mereka menggunakannya untuk mencari tahu dengan cara masing2
Jika anda sebagai pengawas ujian, jangan hanya duduk dan diam.. usahakan lakukan tugas anda sebagai seorang pengawas. Selamat mengawas ujian…

6 Responses to Macam-Macam Cara Menyontek Saat Ujian dan Tip dan Trik Mengawas Ujian

  1. fredy mengatakan:

    mantap… gan

  2. KOYOK GAK TAU NYONTEK AE ! mengatakan:

    ASU RAIMU COK !

  3. ass mengatakan:

    ojo nyontek ndos gak oleh ambek gurumu gak baik iku colo

  4. yazid mengatakan:

    peak raimu ndos asu

  5. Loner mengatakan:

    saya belum pernah menyontek lagi sejak saya masuk SMA tapi point ke 2 di bagian ciri2 ‘siswa yang berniat untuk mencontek’, kurang mengenakan bagi saya yang punya panic & social anxiety disorder

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: