Balita Kecanduan Rokok


kecanduanKecanduan rokok yang dialami Sandy Wedhus, Balita asal Malang yang cukup menggemparkan, ternyata juga dialami Galih Ramadhan (4,5) warga kampung Subang Kidul RT 03/RW 13 Kelurahan Subang Jaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

“Anak saya mulai menghisap rokok saat usianya 2,5 tahun. Aksinya tersebut dilakukan secara sembunyi-sembunyi,” kata Ibu Kandung Galih, Imas (38), di Sukabumi, Senin.
Perilaku anaknya yang menghisap puntung rokok bekas tetangganya dapat diketahui oleh keluarga dan keluarga pun kaget melihat aksi balita bertubuh mungil itu.
Imas pun mengaku, tidak menyangka anak keempat dari empat bersaudara itu memiliki perilaku berbeda dibandingkan anak-anaknya yang lain, padahal ayah kandungnya, Enan (40) tidak merokok sama sekali.

Menurut dia, kebiasaan anaknya itu tidak bisa dilarang karena sudah terbiasa menghisap rokok. “Saya pernah melarang, Galih untuk tidak merokok, namun Galih tidak mau makan. Saya takut, akhirnya saya membolehkannya,” katanya.

Pergaulan Galih sendiri, tak berbeda dengan anak-anak seusianya. Namun, di waktu senggang Galih selalu menghisap rokok.

Bahkan, tak jarang Galih meminta rokok kepada tetangganya dan kakak kandungnya yang sudah berkeluarga. Kalau tidak dikasih, Galih ngambek dan marah-marah,” tutur Imas.

Ia menambahkan, dirinya tidak bisa berbuat banyak untuk melarang anaknya yang bisa merokok sebanyak empat hingga lima batang/hari, sehingga pihak keluarga dari kalangan miskin dan tetangga pun membiarkannya begitu saja.

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s