ZINK, Printer Warna Tanpa Tinta


Printer ZINK adalah printer yang didesain dengan menggunakan teknologi ZINK (Zero Ink) Imaging. Teknologi ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan teknologi bernama Polaroid yang bertempat di North Carolina, AS. Rencananya perusahaan Polaroid akan meluncurkan dua produk pertama mereka yakni Mobile Photo Printer dan Integrated Digital Camera and Printer.
Hal yang istimewa dari dua produk keluaran Polaroid diatas adalah penemuan teknolog printer yang tidak menggunakan tinta cair, melainkan menggunakan teknologi yang mirip dengan faksimile yakni panas dimanfaatkan untuk mengubah molekul-molekul di permukaan kertas menjadi tampilan gambar dan melelehkan kristal cyan, kuning, dan megenta di permukaan kertas sehingga menghasilkan warna dengan komposisi berbeda-beda.
Untuk dapat mewujudkan hal tersebut diperlukan kertas foto khusus ZINK, kertas yang berlapis kristal mengkilap yang berisi partikel – partikel warna. Mobile Photo Printer sendiri akan dirilis sekitar bulan Maret 2008 dengan harga 150 dollar AS, printer ini nantinya mampu mencetak kertas berukuran maksimal 5 x 7,5 centimeter langsung dari kamera digital atau ponsel melalui koneksi bluetooth atau USB.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s