Polandia Peringati 70 Tahun Perang Dunia II


Polandia hari ini memperingati 70 tahun pecahnya Perang Dunia II, Selasa 1 September 2009. Upacara pertama berlansung saat subuh di semenanjung Westerplatte, dekat kota Gdansk, di mana kapal tempur Jerman untuk pertama kali menembak benteng pertahanan Polandia pada 1939.

Presiden Polandia Lech Kaczynski dan Perdana Menteri Donald Tusk memimpin upacara yang di hadapan monumen pahlawan, yang dimulai pada pukul 4.45 waktu setempat, tepat saat terjadinya penembakan oleh kapal perang Jerman, Schleswig-Holstein, pada 1 September 1939. Pemimpin dari 20 negara, termasuk Jerman dan Rusia diperkirakan akan hadir di Gdansk hari ini dalam rangkaian upacara seharian penuh.

Seperti dikutip dari laman stasiun televisi BBC, pada saat yang sama, Wehrmacht Jerman menginvasi Polandia dari Timur, Barat, dan Selatan. Serangan ini memicu deklarasi perang terhadap Jerman oleh Inggris dan Prancis, dua hari paska serangan.

Dalam pidatonya, Tusk mengatakan pelajaran sejarah tidak boleh dilupakan. “Kita bisa ingat, karena kita paham benar bahwa orang lain yang melupakan sejarah, atau orang yang menyalahgunakan sejarah, atau memiliki kekuatan atau keinginan untuk merebut kekuasaan akan membawa ketidakbahagiaan lagi seperti 70 tahun lalu,” kata Tusk.

Saat serangan Schleswig-Holstein yang berlabuh di pelabuhan Polandia dalam kunjungan persahabatan, Gdansk dikenal sebagai kota kebebasan Danzig. Sebanyak 182 pasukan Polandia berjuang selama 12 jam untuk mempertahankan benteng pertahanan Polandia. Tentara Jerman menyerang dari udara, laut, dan darat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s