Kronologis Penangkapan Teroris Cikampek dan Cawang


Mayat-Teroris-Gang-Asem-2.jpgDatasemen Khusus 88 Anti Teror kembali menunjukkan tajinya. Rabu (12/5/2010) di dua tempat berbeda, Cikampek Jawa Barat dan Cawang Jakarta, densus menembak mati lima orang dan mengaman hidup-hidup satu orang yang kesemuanya diduga penebar teror.

Sekitar pukul 14.00 WIB, dari Sebuah tempat kos di Kampung Babakan Timur, Cikampek, Kabupaten Karawang Jawa Barat dua orang teroris ditembak mati. Seorang diantaranya diidentifikasi bernama Saptono adik almarhum Jaja, teroris yang ditembak mati di Aceh Barat saat hendak melarikan diri bulan lalu. Saptono adalah pelaku pengebomoan Kedubes Australia. Penggrebekan di Cikampek ini diwarnai perlawanan. Sejumlah saksi mata melihat terjadi baku tembak selama 15 menit.

Satu jam sebelum penggerebekan di Cikampek, pukul 13.00 rupanya Densus sudah beraksi di Cawang Jakarta Timur. Disini lebih hebat lagi. Densus menembak mati tiga orang yang ketiga saat itu baru turun dari sebuah taksi.

Di Cawang ini, tiga orang teroris menaiki satu taksi dan dibuntuti seorang lagi yang menggunakan sepeda motor. Saat turun dari taksi dan berhenti di Loket Bus AKAP Pelangi, polisi langsung memberondong dua tembakan. Seorang yang pertama kali tewas diduga bernama Maulana. Saksi mata melihat Maulana sempat memekikan “Allahuakbar” sebelum jatuh tersungkur.

Dua orang lainnya lari namun tak berhasil. Seorang jatuh tersungkur dihujam peluru tak jauh dari Maulana. Sedangkan seorang lagi dicegat warga karena dikira perampok. Ketiganya pun dinyatakan tewas. Hanya yang membawa sepeda motor saja selamat.

Rupanya penggerebekan ini adalah pengembengan dari penyeldikan sebelumnya. Malam sebelumnya, Selasa (11/5/2010), polisi membekuk dua orang yang diduga teroris di kawasan Jakarta Selatan.

“Dua lagi ditangkap kemarin (Selasa) di Jakarta,” ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Edward Aritonang, di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (12/5/2010).

Dengan begitu, dikatakan Edward, Densus sejak Kamis lalu telah berhasil membekuk 22 terduga teroris. Dari 22 itu, lima diantaranya ditembak tewas, karena melakukan perlawanan. Sebanyak 22 teroris yang dibekuk dan dilumpuhkan hingga kini terindikasi terlibat dengan kegiatan pelatihan teroris di Aceh.

sumber: TRIBUNNEWS.COM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s