Ditemukan Bayi Matahari Baru di Tata Surya Kita


Berita luar angkasa dari hasil tangkapan Teleskop Herschel cukup membuat perhatian lebih para peneliti di dunia, karena teleskop tersebut berhasil menangkap embrio bintang baru yang berada di tata surya kita. Bintang tersebut bisa kita sebut sebagai sang Matahari baru karena jika di perhatikan dan di teliti untuk ukuran jika sudah terbentuk nanti bisa saja besar nya akan melebihi matahari yang sudah ada dalam susunan tata surya bima sakti kita, waah masa nanti ada dua matahari yah, aneh.

Menurut info detektor inframerah yang di miliki oleh Teleskop Herschel mampu menangkap materi suhu rendah yang bisa melahirkan bintang, RCW 120 atau citra gelembung gas disinyalir dapat membantu untuk menjelaskan bagaimana proses sebuah bintang raksasa terbentuk. Waa canggih sekali yah teknologi yang di miliki oleh manusia sekarang ini, sampai-sampai kemunculan embrio bintang baru saja bisa di deteksi.

embrio_bayi_bintang_matahari_baru

Kalau kita lihat sang calon bintang raksasa ini dalam citra teleskop tersebut tampak seperti sebuah gumpalan putih di tepi bawah gelembung. Embrio itu diperkirakan bisa tumbuh menjadi salah satu bintang terbesar dan yang paling cerah di galaksi dalam ratusan ribu tahun mendatang. Apa seperti artikel tentang kemunculan objek terang di luar angkasa yah?

Menurut para peneliti juga di sinyalir calon bintang besar seperti matahari ini memiliki massa sekitar delapan hingga sepuluh kali lebih besar dibanding massa Matahari, dan dikelilingi begitu banyak material. Waw bisa kita bayangkan yah besar nya seperti apa, matahari yang ada di tata surya kita saja sudah sangat besar, ternyata ada lagi calon bintang yang masih jadi embrio bakal melebihi besarnya.

Info menyatakan jika saja ada banyak gas dan debu berjatuhan di embrio bintang baru tersebut maka objek baru luar angkasa ini mempunyai potensi untuk menjadi salah satu objek besar atau raksasa dalam Galaksi Bima Sakti, katanya juga jika saja ini terjadi maka kehadiran dari bintang baru pesaing dari matahari tersebut dapat mempengaruhi keadaan lingkungan sekitar.

Ilmuwan Herschel, Dr. Annie Zavagno, dari Laboratoire d’Astrophysique de Marseille menyatakan, “Ini merupakan bintang besar yang mengontrol evolusi kimia dan kedinamisan galaksi,” ia juga menambahkan lagi “Ini merupakan bintang besar yang menciptakan elemen berat seperti besi dan elemen-elemen tersebut akan berada di ruang antar bintang. Dan karena bintang-bintang besar mengakhiri hidup mereka dengan ledakan supernova, mereka juga menyuntikkan energi besar ke galaksi.”

Embrio bintang baru cikal bakal bayi matahari ini disinyalir lebih besar 10 kali dari matahari kita dan bisa terbentuk dengan sempurna menjadi seperti matahari dengan jarak waktu sekitar 100 tahun lagi. Waah kalau jadi ada dua matahari di tata surya kita bisa berabe donk nih kalau ada kejadian seperti badai matahari bakalan lebih dahsyat lagi.

153 comments

        1. Mungkin masih byk manusia yg belum memahami tentang tata surya,mungkin anda pernah mendengar yg namanya galaxy,apa itu galaxi,biar sy jelaskan,galaxi adalah planet2 dan bintang2 yg mengelilingi matahari itu yg dinamakan galaxi,biar anda tahu klo galaxi ini ada sekitar 200 buah,berarti matahari ini tidak satu,itu sebabnya langit ini ada yg lampisannya sampai langit ketujuh

        1. wah, gini nih yang parah, liat berita tanpa telusuri kebenaran, ini hanya isu murahan dan klopun beneran itu baru kemungkinan dan proses lahirnya sebuah bintang tuh lama ngk bakal kita rasakan, peduli amat mau 1 atau seratus mata hari sama aja, wong kita pasti tewas juga!!! intinya berada dijalan benar aja dan jauh dari larangan2-NYA.

      1. hm, bisa jadi ini pertanda kiamat, karena bayangkan saja apa jadinya bila tatasurya kita yang terbatas ruangnya ini dipayungi oleh dua sumber energi! satu saja sudah panas apalagi dua!

    1. Di dunia ini sering kita jumpai keganjilan demi keganjilan. sebagai manusia kita mesti saling intropeksi diri. Jalan yang terbaik untuk menghadapi semua ini adalah lebih mendekatkan diri pada sang KHALIK.
      Tiada tempat memohon dan meminta pertolongan melainkan hanya padaNYA.

  1. WTF!!!???

    lha tuh bapaknya mana????
    masak matahari tuh single mother???
    dpt sperma dr mana??
    dude WTF!!?

    ntar rotasinya gmn??

  2. tidak ada hubungannya dengan kiamat mungkin teknologinya yang makin canggih akan ditemukan hal baru ditata surya kita.

    seperti panjang gelombang batas penglihatan kita yang sekarang dapat terrukur 400 sampai dengan 600 nanomilli, mungkin nanti ada penemuan alat bisa menditeksi lelembut atau barang kasat mata…he…he…teknologi mungkin saja berkembang kasana aku baru cari sponsor yang memahami udara.

    1. gue stuju banget nich…………….. klo kita pikir dengan jernih kita akan dapat memahami bahwa betapa kecilnya kemampuan yg dimiliki manusia .setiap para tukang insinyur bisa menciptakan alat baru maka semakin jelas betapa besarnya ketidak tahuan manusuia jika dibanding kuasa ALLAH (SWT).

  3. bukan100 tahun!!! tapi ratusan ribu tahun. dan bintang tersebut ada gi galaksi bima sakti, bukan di tatasurya kita. so…. gak perlu kuatir lah… sampe bumi kiamat belom tentu bintang tersebut ada.

  4. Sebenarnya itu Proses alam biasa, galaxy itu jumlahnya ga keitung, cuma teknologi untuk melihat dan tentang alamraya yg diketahui manusia cuma setitik debu dibanding tatasurya, belum seluruhnya….manusia ?,kecil ..mari sadari saja ,subhanallah….

  5. iiiiiiiiihhhhhhhh……… ngeri bgt sich………. coz’y takut makin gede.. kan bumi jadi makin panas…
    tapi itu semua kan allah yang ngatur.. apa pun yang akan terjadi kita sebagai manusia hanya bisa pasrah.. dengan apa yang akan terjadi… karna itu semua adalah kehendak ALLAH SWT……….

  6. y syukurlah lo gitu mah,jadi matahari gak kesepian ,
    . . . masa krja nidrian, . kalo 2an kan bisa gantian jam kerjaNY. . . Sekalian pacaran . , . ya gak?

  7. duuuuuuuhhhhh……. gila bgt…… sampe2 yang kaya gitu jja bisa terditeksi….. teknologi sekarang emang canggih…… emang itu hal yang biasa …tapi kita harus tetep waspada,,,, coz gw takut klo ada 2 matahari ,atmosfer bumi kga bisa nahan… terus KIAMAT DEEEECCCCHHHH…………………

  8. iiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhh…… ngeri bgt sich… kalau beneran jadi mataharinya ada dua gimana nich….
    matahari satu aja udah panas bgt… apa lagi kalau mataharinya ada dua… tapi mudah-mudahan gx bakalan terjadi yUa…..

  9. Mr Profesor, kirain ciptaan Allah SAW yang punya bayi di jagar raya mahluk hidup (kita , hewan,& tumbuhan) ternyata matahari bis bikin anak juga ya……. si matahari kaya Siti Mariam g punya suami bisa bunting ???????????????

  10. kiamat2 kiamatt itu aza ada di otak kalian !!! sudah di racuni !!sampai ketakutan../ di takut2ti smua yang lahir pasti akan mate !! yang mate pasti akan di lahirkan.. bumi ini dan smua alam ini nya berputar bro !

  11. eh, btw aku pernah mimpi .
    mimpinya seolah olah ky kiamat itupun aku mimpinya pas sd dlu tp masih inget kok.
    disitu aku mimpi langit warnanya hitam ma ungu bercampuran bintang n bentuknya persis banget ma yang ada di gambar ntu .
    waktu it mimpiku seolah2 kliatan jelas banget sampek2 aku inget mulai dari awal sampek akhir mimpi ntu .
    n smpek sma kls 3 skrg pun aku jg msih inget .
    truz di mimpiku tu manusia pada berterbangan gara2 bnyak bntang2 jatoh k bumi, trus seolah olah atmosfir it dah jebol jadi semuanya kliatan mudah melayang .
    smpek2 yang namanya gunung aja bisa2 sampek terlempar ke luar angkasa .
    ga da yang namanya awan, bulan, lampu pun juga .
    subhannalloh . .
    smpek sekarang aku jarang bisa tidur nyenyak gara mimpi it .
    pa lagi kiamat yang aslinya gimana ya ?
    huhuhu .

    ga mungkin terpikirkan n terbayang kan seremnya .
    =.=”

  12. wah hebat dong jd tata surya kita tam bah lg n pasti alien ma manusia akan kerja sama dlam mempertahan kan tatasurya mantab dah

  13. ya allah, subhanaallah, moga-moga semua orang cepet nyadar ‘n tobat dan smoga solatnya penuh semua… amien.. apa bener ya dunia mau kiamat ‘n bumi mau hancur, tapi baru baru ini ak dapet kabar kalo nanti ada tsunami matahari. mohon tanggapin komentar saya ya, karena saya bener2 penasaran…

  14. Beritanya KURANG BENAR
    dan SALAH KAPRAH
    Bintang2 (termasuk matahari) juga mengalami siklus lahir berkembang mati. Dalam kasus berita mengenai bayi bintang yg berhasil “dilihat” oleh Teleskop Herschel terletak di Rosetta Nebula Cluster yg terletak 5000 tahun cahaya dari bumi.
    Sedangkan yg namanya Tata Surya itu kumpulan benda langit anggota matahari (bintang kita). Terbentang hingga planet Pluto.
    Jadi berita yg dibuat penulis kurang tepat dan menyebab orang berkesimpulan akan ada matahari kembar
    http://www.esa.int/esaMI/Herschel/SEMWQ59MT7G_0.html

  15. Lahaula walaquwwata ila billah.
    Saudara2ku smua.
    Mari kita taubat.
    Yg blum sholat, ayo mulai sholat. Bgi yg sdah sholat, usahakn sholatx diawal waktu. Bgi yg sholatx sdah diawal waktu, prtahankn. Alabizikrillah tatomainal qulub (hx dgn mngingat Allah hati mnjadi tenang).
    Salam (085241627311)

    1. Ya nIch Q ru nontn SILET,
      Wuuahhhhhh…memang bNar2 Allah sdg mnunjukn kbesarannya,
      Wahai umat manusia marilah kita bertaubat n introspeksi dri wat tmbh tbgN amal ibadah Qt
      ayooo tobat..tobat….

  16. Kpada All…, Kta Tdx Tw Bnr Atau Tdaknya…, Itu baru Pnlitian…, Jngan Takut…, Toh Smua Na Akan Hilang Dri Dunia..,
    Contoh Na Planet Pluto.. Yg Dulu Di akui Skrng Gx Dakui Lg.., Itu Prubhan Gjla Planet yg Smkin Kcil…,

    Y udah.., Cra Trbaik Yaitu… Brpgang Tguh Pada IMAN Masing-Masing.., Kita Smua Tahu KIAMAT PASTI DATANG.., Kta Tdk Thu Kpn.. ???, Dan Pnuh Tanda Tanya.. ???, , Maka SIAP kan lah DIRI Masing-masing …
    Hnya Tuhan Yang Tahu……..

  17. subhanallah….itulah kekuasaan ALLAH
    ALLAH mungkin sedang memperlihatkan kekuasaanya…
    makanya sebagai manusia biasa kita tidak boleh takabur/sombong…
    karna ada yang lebih kuasa dari segala” nya yaitu ALLAH SWT

  18. bukan hal baru emang………………
    tapi bisa dibayangin nanti

    dengan satu matahari dan kondisi atmosfer bumi kita yang sekarang ini aja,
    panasnya udah ampun-ampunan

    ditambah satu matahari dan semakin menipisnya atmosfer bumi beberapa puluh tahun mendatang

    bisa jadi manusia hangus terbakar,
    teguran ini,

    manusia udah bikin banyak banget benda” canggih
    tapi pernah enggak mereka berfikir buat bikin atmosfer bumi buatan ?
    secara udah kita tau kalo atmosfer bumi kita sekarang udah tipis bgt,
    itu udah mengancam ribuan juta jenis mahluk didalamnya

    kan pernah tuh ada film nya

    mudah”an aja sebelum embrio mtahari itu semakin besar,
    kita udah punya atmosfer buatan yang bisa memfilter panas yang masuk ke bemi

    JADI ENGGAK ADA MASALH KANT MAU PUNYA MATAHARI BERAPA ?

  19. Tobat…….
    woy!!! Tobat….
    Kiamat g kiamat yang pasti tetep aja takan ada yang abadi…
    Yang mengenal hidup pasti akan mengenal mati….
    Tobat…Tobat…Tobat…Tobat…Tobat…Tobat…Tobat…Tobat…

    1. Didunia ini ada banyak galaksi, salah satunya yang kita tempati adalah galaksi Bima sakti.
      Bentuknya bermacam-macam. Didalam galaksi itu tersusun banyak bintang-bintang.
      Salah satu bintang itu dalam tatasurya kita, kita namakan Matahari yang dikelilingi oleh planet-planet yang mengorbit seperti bumi. venus, mars dll.
      Jadi sebenarnya Matahari itu sama dengan Bintang lain yang ada diluar angkasa sana.

      Galaksi adalah sebuah sistem yang sangat besar, terdiri dari bintang-bintang dan materi antar bintang. Biasanya berisi beberapa triliun bintang triliun, dengan massa antara beberapa juta hingga beberapa triliun kali dari matahari kita. Dengan luas beberapa ribu hingga 100.000 tahun cahaya. Mereka memiliki berbagai macam bentuk: Spiral, lenticular, elips dan tidak teratur. Selain bintang sederhana, mereka biasanya berisi berbagai jenis gugus bintang dan nebula. Kita hidup dalam sebuah galaksi spiral raksasa, Galaksi Bima Sakti, dengan diameter 100.000 tahun cahaya dan matahari kita sebagai salah satu dari sekitar 100 miliaran bintang di galaksi Bima Sakti.

      Hanya tiga galaksi di luar Bima Sakti yang dapat terlihat dengan mata telanjang. Orang-orang di belahan bumi utara dapat melihat Galaksi Andromeda, yang berjarak sekitar 2 juta tahun cahaya. Orang-orang di belahan bumi selatan bisa melihat Large Magellanic Cloud, yang kurang lebih 160.000 tahun cahaya dari Bumi, dan Small Magellanic Cloud, yang berjarak sekitar 180.000 tahun cahaya.

      Galaksi terdistribusi tidak merata di ruang angkasa. Beberapa tidak memiliki tetangga dekat, namun ada juga yang berpasangan, dengan masing-masing mengorbit yang lain. Tapi kebanyakan dari mereka ditemukan dalam kelompok yang disebut cluster. Sekelompok galaksi mungkin terdiri dari beberapa lusin hingga beberapa ribu galaksi. Dengan diameter kira-kira sebesar 10 juta tahun cahaya.

      Kelompok galaksi, pada gilirannya, dikelompokkan dalam struktur yang lebih besar yang disebut superclusters. Pada skala yang lebih besar, galaksi tersebut diatur dalam jaringan besar. Jaringan yang saling berhubungan terdiri dari string atau filamen galaksi relatif kosong sekitar daerah yang dikenal sebagai void. Salah satu yang terbesar yang pernah memetakan struktur adalah jaringan galaksi yang dikenal sebagai Tembok Besar. Struktur ini lebih dari 500 juta tahun cahaya yang panjang dan 200 juta tahun cahaya lebar.

  20. ya…kqta berdoa ja biar Tdk TrJdI,,KsHIan ank cucu kqta ntnk………………………………..
    ghAk TaU NasIB.Na sPrtI pAhhh

  21. mungkin itulah salah satu tanda kiamat akan datang. dalam Al-Quran juga sudah dijelaskan kalo pada hari kiamat itu ada 7 matahari yang sangat dekat denang bumi. bayangkan bagaimana panasnya!

  22. pasrah aja kali berserah diri dan terus beramal sholeh terutama sholat, jgn sampai ditinggalkan .ga ada yg tau kita masuk neraka atau surga. tapi yg saya bingung katanya abis kiamata ada kehidupan lg, gimana ceritanya tuh? semuanya jadi gede2 apa berulang dari nol lagi?

  23. Itulah kekuasaan ALLAH SWT jika orang orang kafir yg menyembah selain ALLAH SWT tidak akan di masukan ke dalam surga yg nyaman damai jadi kita jangan takut kalau kiamat atau mati…. bayi matahari itu di ciptakan oleh alah memang sengaja matahari memang panas tapi tidak seperti panasnya api neraka jahanam mungkinkah komentarku bagus atau jelek menurut anda mungkinkah allah menciptakan tujuh matahari secara langsung waw ku langsung meleleh tanpa ada kulit yg tersisa misalkan kalau kita ada di gurun selagi ada kiamat kan kiamat ada tjuh matahari waw kulit kita langsung meleleh dalam sekejap mata wkwkwkwkwkkw

  24. tulah kekuasaan ALLAH SWT jika orang orang kafir yg menyembah selain ALLAH SWT tidak akan di masukan ke dalam surga yg nyaman damai jadi kita jangan takut kalau kiamat atau mati…. bayi matahari itu di ciptakan oleh alah memang sengaja matahari memang panas tapi tidak seperti panasnya api neraka jahanam mungkinkah komentarku bagus atau jelek menurut anda mungkinkah allah menciptakan tujuh matahari secara langsung waw ku langsung meleleh tanpa ada kulit yg tersisa misalkan kalau kita ada di gurun selagi ada kiamat kan kiamat ada tjuh matahari waw kulit kita langsung meleleh dalam sekejap mata wkwkwkwkwkkw

  25. Kayaknya sebentar lg kiamat………………
    dh bnyak hal-hal yg aneh, rakyat kecil tambah d tindas, wakil rakyat sudah tdk peduli ma rakyat…………..
    elingo manungso urip neng alam donyo mung sedelo, ojo nambahi doso, elingo marang sing kuwoso,,,,,,,,

  26. Biarin ajalah itu terjadi toh lagi 100th kita semua bakalan mati,ya mati suri,mati rasa,ya mati segalanya lah and kayaknya udah jadi makanan empuk para belatung penghuni kubur,jadi ga usah pusing2 mikirin yg 100th lagi,

    1. Nyebut…………..
      jangan takkabur tuch ama kta2X kamu………
      mank kamu yakin 100thn kmudian kamu tuch dah mninggal???????????gimana klu ternyata Tuhan Yang Maha Kuasa kasi kamu umur lebih dari 100thn……(yaaaaa mudah2n nggak sich) kamu kan bisa aja ngerasain gimana panasnya suhu bumi pada saat itu………..
      Ingat JANGAN TAKKABUR tuch…………

  27. Asstagfirullah…….
    1 matahari aja panasX udah minta ampun gimana rasaX klu 2 yah????????????
    amit-amit cabang bayi………..mudah2n ny smua ndag jadi kenyataan………….

    ni udah merupakn Kiamat kecil ‘N ingat ny juga salah satu teguran dari Yang Maha KUasa lho………abis kyakX kita nggak slalu mengabaikan CiptaanNYA slama ini,,,,,,,’N juga slalu lupa padaNYA………….
    so,,,,,,,kita harus lebih mendekatkan diri padaNYA……..

  28. subhanallah…

    allah maha adil, sekian jutaan tahun sudah matahari lama melakukan tugasnya dengan baik & benar,

    berarti akan ada pergantian tugas oleh anak matahari ini, semoga anak matahari ini tidak nakal/bandel…dan

    menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya..amien

    ingat allah tdk akan kasih cobaan kepada manusia, karena allah yakin manusia bisa mengatasinya…

  29. ass………..wduh seru bsnget dapat informasi kya gto buat para peneliti terus cari kebenaran nyalagi tentang hal ini?…..thanks…….

  30. Apa tanda mo qiamat ya

    Plis visit my blog,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  31. dulu aku sempat bingung ketika membaca sebuah hadits bhwa salh stu tnda kiamat adalh lahirnya imam Mahdi pada saat mathari ada dua,ternyata benar matahri sudah hmpir 2,subhanalloh sudh sharusnya kita merenungkan bahwa apa yang dikatakan Alloh itu sangat benar

  32. ….. yg jelas lahirnya bintang baru membutuhkan waktu milyaran tahun …… mungkin saat itu matahari kita sedang menuju ajalnya (inti nuklirnya telah habis) dan bintang baru ini menggantikan matahari sehingga suhu bumi tetap hangat dan tatasurya kita tetap stabil untuk kelangsungan kehidupan generasi manusia dimasa datang ….. walahualam

  33. ckckckc
    ne lh tanda atau peringatan
    yang d’ sampaikan Tuhan ma manusia yg smakin lma berdosa
    maka s’bab tuh kta hrus lbih mendekat kpada Tuhan ,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s