Ulama Digantung di Tiang Listrik


Sejumlah orang bersenjata yang memakai seragam militer Irak memenggal seorang imam yang belum lama ini mengecam Al Qaeda. Orang-orang itu menggantung kepala ulama itu di sebuah tiang listrik di dekat desanya di provinsi Diyala, Irak utara, Senin (17/5).

Menurut polisi, penyerang membunuh Sheikh Abdullah Shakoor al-Salhy, imam mesjid di desa Saadiya, sekitar 150 kilometer sebelah timur laut Baghdad. “Orang-orang bersenjata yang memakai seragam militer menyerbu rumah kami pagi-pagi sekali dan menggeledahnya. Mereka menahan kami di dalam sebuah ruangan dan meminta ayah kami menunjukkan kepada mereka ruangan-ruangan lain rumah itu,” kata Muhammed Adulla, putra ulama tersebut.

Abdulla menyatakan, keluarganya tidak menyadari bahwa ayahnya dibunuh sampai empat penyerang meninggalkan rumahnya. Salhy mengecam Al-Qaeda dalam kotbah di mesjid setempat Jumat lalu.

Pembunuhan Senin itu merupakan yang terakhir dari rangkaian serangan yang menandai peningkatan kekerasan di Irak. Jumat lalu serangan bom mobil dan peledakan bunuh diri terjadi saat pertandingan sepak bola di Irak utara yang menewaskan 25 orang dan mencederai 100 lain.

Serangan-serangan Jumat itu merupakan yang paling mematikan di Tal Afar sejak 9 Juli ketika dua serangan bunuh diri yang ditujukan pada rumah seorang sersan polisi dan saudaranya menewaskan 35 orang dan melukai 61 lain.

Pemboman itu juga terjadi ketika komisi pemilu Irak mengumumkan bahwa penghitungan ulang suara di Baghdad telah selesai dan tidak ditemukan kecurangan dalam pemilihan umum Maret.

Kekerasan meningkat lagi di Irak setelah turun secara dramatis. Senin lalu lebih dari 100 orang tewas dalam ledakan-ledakan bom mobil di sebuah pabrik, yang disusul dengan serangan bom bunuh diri terhadap pekerja penanganan darurat, dan ledakan-ledakan terkoordinasi yang ditujukan pada pasukan keamanan.

Kekerasan di Irak mencapai puncaknya antara 2005 dan 2007, kemudian menurun tajam, dan serangan-serangan terakhir itu menandai terjadinya peningkatan.

sumber : http://id.news.yahoo.com/kmps/20100518/twl-astaga-ulama-digantung-di-tiang-list-70701a2.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s