ETA Dihukum 1.040 Tahun


Pengadilan Spanyol, Jumat (21/5), menyatakan tiga anggota separatis Basque ETA bersalah melakukan pembunuhan, percobaan pembunuhan dan berpartisipasi dalam aksi teror. Untuk itu, mereka masing-masing dihukum penjara 1.040 tahun.

Ketiga orang itu, Igor Portugis, Mattin Sarasola dan Mikel San Sebastian, dinyatakan bersalah atas dua pembunuhan di Bandara Barajas, Madrid, pada 30 Desember 2006, serta 48 percobaan pembunuhan lain dan sejumlah aksi teror.

Dalam aksi di Bandara Barajas, mereka meledakkan bom yang menghancurkan sebuah tempat parkir berlantai lima.  Aksi itu menewaskan dua orang imigran Ekuador dan mencederai 41 orang. Untuk kasus itu, pengadilan memutuskan, ketiganya masing-masing harus membayar kompensasi sebesar 1,2 juta euro (1,50 juta dollar) kepada keluarga warga Ekuador yang jadi korban.

Tidak lama setelah ledakan di Barajas, ETA menyatakan bertanggung jawab atas serangan itu tetapi mengatakan, ledakan itu tidak bermaksud untuk membunuh siapa pun. Serangan bom itu mengakhiri gencatan senjata sepihak selama sembilan bulan. Pemerintah Sosialis Spanyol langsung membatalkan proses perdamaian yang dimulai sejak ETA mengumumkan gencatan senjata permanen pada Maret 2006.

Sejak tahun 1960-an ETA memperjuangkan kemerdekaan Basque, dan perjuanganitu sudah menelan sedikitnya 825 korban jiwa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s