Apa Benar Gambar Uang Seribu Dilukis dari Floridas?


Pernah melihat uang kertas seribu rupiah? Kalo belum pernah, mending gak usah baca postingan ini. Sia-sia.

Dalam uang kertas seribu rupiah terdapat dua gambar. Di sisi satu adalah gambar Kapitan Pattimura, yang nota bene bergelar Pahlawan yang berasal Maluku. Di sisi yang lain adalah gambar Pulau Maitara dan Pulau Tidore yang berada di Maluku Utara.

Nah, tahukah anda bahwa gambar Pulau Maitara dan Pulau Tidore tersebut konon katanya dilukis dari balkon sebuah restoran? Restoran tersebut berada di pinggir kota Ternate. Restoran yang bernama Floridas itu, terletak di tepi jurang di belakang pantai.

Dari belakang restoran tersedia balkon yang menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Gugusan pulau tersuguh sangat menarik menambah nafsu makan pengunjung restoran. Di balkon inilah konon pelukis menyapukan kuasnya di atas kanvas, yang hasilnya kemudian tersaji di uang seribu rupiah.

Tapi sebentar…coba lihat secara seksama perbandingan hasil jepretan kamera saya dengan gambar yang tersaji di kertas berharga itu.

Bagaimana pendapat anda? Tidak sama bukan? Lukisan di uang menggambarkan kalau pelukis berada di sudut pandang yang lain dari sudut pengambilan gambar kamera saya. Gambar nelayan yang ada disitu juga membuktikan kalau pelukis berada di posisi yang sama tinggi dengan pelukis. Sementara kalau di balkon, perahu nelayan akan terlihat dari sudut sekitar 45 derajat lebih tinggi.

Anyway, terlepas dari usaha pembohongan publik dari pihak yang saya sendiri juga tidak tahu, restoran ini layak untuk anda kunjungi. Menu Udang Asam Manis, Air Guraka dan Es Kelapa Muda dengan Gula Merah terlalu menggiurkan untuk anda lewatkan begitu saja.

2 comments

  1. dear..

    jangan buru-buru mengatakan ini kebohongan publik. karena dengan tulisan ini juga bisa misleading…
    karena foto itu memang tidak diambil dari posisi kafe florida. tempatnya tak jauh dari sana, sebuah perkampungan nelayan… memang sudah tidak terurus, karena ada rumah2 nelayan. saya pernah berfoto di situ, dan ada buktinya, bahwa memang foto itu di peris seperti pemandangan di uang seribu tersebut. saya pernah mengusulkan tempat itu menjadi objek wisata kepada walikota ternate. tapi mungkin belum ditindaklanjuti.

    salam…

  2. Jawaban dari Kadis Pariwisata Kota Ternate:

    Pemotretan pemandangan uang seribu dilakukan pada thn 2006 oleh Direktur Produksi Perum PERURI (Percetakan Uang Republik Indonesia) dari Jkt yaitu : Bpk Abubakar Baay, beliau adalah putra asal Ternate. Adapun gambar perahu nelayan itu jelas ada dan kebetulan mereka lg mancing di laut antara pulau Maitara dan Ternate. Sedangkan posisi photografher berada di antara restoran Florida dan restoran Teratai yg pada saat itu terdapat lokasi/tempat pembakaran uang BI cabang Ternate.”. catatan : agar lbh jelas bisa kontak langsung ke HUMAS PERURI Jakarta. 021- 7395000 – ex 1414. Terima kasih – Syukur Dofu – Dofu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s