BLUEBERRY Cegah Pikun


Blueberry Cegah Pikun Makin Parah

BLUEBERRY bisa membantu Anda mempertahankan daya ingat. Konsumsi setengah liter jus buah kaya antioksidan ini dinyatakan bisa mencegah penurunan memori.

Penelitian menunjukkan bahwa buah ini membantu menajamkan daya ingat. Efek ini masih bisa dirasakan bahkan setelah terjadi penurunan memori.

Tes memori menunjukkan bahwa para pensiunan mengalami peningkatan daya ingat sebanyak 40 persen setelah minum 0,56 liter jus blueberry sehari selama 12 minggu. Buah ini, menurut peneliti, merupakan cara mudah dan lezat dalam mempertahankan keremajaan otak.

Dalam studi ini, para peneliti dari Amerika Serikat meminta sekelompok pensiunan menjalani tes memori. Setelah itu, mereka diminta minum hingga 0,56 liter jus blueberry setiap hari.

Saat kembali menjalani tes memori tiga bulan kemudian, performa partisipan dalam tugas penyusunan kata meningkat hingga 40 persen. Selain itu, kemampuan mengingat mereka juga meningkat 33 persen. Menurut studi yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry ini, performa pensiunan yang minum jus blueberry jauh lebih baik dibandingkan mereka yang minum jus anggur.

Peningkatan ini, menurut peneliti dari University of Cincinnati, disebabkan oleh kandungan komponenanthocyanin dalam blueberry. Komponen pemberi warna gelap pada blueberry ini dinyatakan bisa mencegah berbagai gangguan termasuk penyakit jantung, kanker, penyakit alzheimer (kepikunan) dan diabetes.

Dalam kaitannya dengan daya ingat, anthocyanin diyakini mempermudah penyampaian pesan dari sel-sel otak dan mencegah kerusakan atau kematian sel.

“Hasil temuan awal ini sangat menjanjikan dan mengindikasikan bahwa penggunaan suplemen blueberry secara konsisten bisa mencegah atau mengurangi kerusakan saraf,” tutur peneliti Robert Krikorian, seperti dikutip situs dailymail.

Tahun lalu, peneliti dari Reading University menemukan bahwa konsumsi smoothie blueberry di pagi hari memacu peforma dalam melaksanakan tugas mental. Hal ini, menurut peneliti, disebabkan oleh kandungan flavonoid (temasuk anthocyanin), yang menjaga pikiran tetap segar dengan menstimulasi aliran darah dan oksigen ke otak.

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s