Video Israel Serang Kapal Mavi Marmara, Bantuan untuk Gaza


Kapal yang membawa bantuan untuk warga Gaza diserang oleh militer Israel hari ini. Dua tewas sementara 30 lainnya diperkirakan terluka saat pasukan Israel menyerbu kapal pembawa bantuan tersebut.

Kapal tersebut diserang sekira 65 kilometer diluar Pantai Gaza pada pagi hari ini. Sebuah gambar yang diperoleh dari kapal Utama Mavi Marmara, memperlihatkan pasukan Israel memasuki kapal kecil pembawa bantuan tersebut. Sementara helikopter tampak mengawasi dari udara. Demikian diberitakan Al Jazeera, Senin (31/5/2010).

Menurut kesaksian wartawan Al Jazeera Jamal Elshayyal yang berada di kapal Mavi Marmara, pasukan Israel dipastikan menggunakan peluru organik saat melakukan penyerangan. Sebelumnya pihak Angkatan Laut Israel menghubungi kapten kapal Mavi Marmara, untuk meminta identifikasi serta tujuan dari kapal tersebut.

Organisator dari kapal bantuan yang membawa 10 ribu ton bantuan kemanusiaan tersebut akhirnya mengalah dengan merubah jalur pelayaran mereka. Kapal tersebut juga memperlambat lajunya guna mencegah konfrontasi yang bisa saja terjadi pada malam hari.

Kapal tersebut membawa ratusan aktivis Pro-Palestina termasuk peraih nobel perdamaian dan beberapa pejabat pemerintahan negara-negara Eropa. Mereka bermaksud menyalurkan bantuan tersebut untuk masuk ke wilayah Gaza, yang selama ini terhadang oleh embargo Israel.

Kapal ini juga membawa delegasi dari Indonesia. Delegasi Indonesia terdiri dari tiga lembaga swadaya masyarakat KISPA, MER-C (Medical Emergency Rescue Committee), dan Sahabat Al-Aqsa, serta lima orang wartawan dari Aljazeera Indonesia, TV-One, hidayatullah.com dan Majalah Alia.

video pengerangan:

sumber: okezone.com

7 comments

  1. Israel katanya negara yang mampu dan kuat lobinya, tapi menghadapi Palestina kok gak beres2 yah, why? ampe bosen konflik lagi konflik lagi. ini jelas mengganggu tatanan dunia, atau jangan2 ada bau2 kesengajaan sebagai manajemen konflik gimana bro?

    salam min ba’id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s