Di Balik Angka “9:42″ pada Iklan iPhone


Banyak orang tak memerdulikan hal ini. Tapi…

Mengapa setiap gambar iPhone di setiap iklan Apple memperlihatkan pukul 9:42?

Buzzblog berusaha memecahkan jawaban ini sejak Juni 2007 dengan menanyakan departemen hubungan masyarakat Apple untuk dimintai penjelasan. Seorang juru bicara mengatakan dia akan “mencoba mencari jawabannya,” sayang, dia mencoba dan gagal.

Jadi, apa jawabannya?
Jon Manning, seorang pengembang di Secret Lab, perusahaan yang menciptakan perangkat lunak untuk Mac, iPhone dan iPad mengenali dua hal yang dianggap penting pada hari Sabtu: pertama, iPad memperlihatkan pukul 9:41, bukan 9:42; dan kedua, bahwa orang yang berdiri di toko Apple di Palo Alto, California adalah Scott Forstall, wakil presiden senior perangkat lunak iPhone.

Manning menemui Forstall dan bertanya sesuatu yang terus menghantui pikiran sejumlah orang selama beberapa tahun. Ini jawaban Forstall:

“Kami merancang acara (peluncuran produk) sehingga peluncuran besar produk terjadi sekitar 40 menit setelah presentasi. Ketika gambar besar produk muncul di layar, kami ingin waktu yang ditampilkan sama seperti waktu asli yang sedang disaksikan penonton. Tapi kami tahu kami takkan mencapai 40 menit dengan pasti.”

“Jadi Anda menambahkan beberapa menit?”

“Ya! Dan untuk iPhone, kami membuatnya 42 menit. Kami cukup yakin bahwa perkiraan tersebut akurat, jadi untuk iPad, kami masukkan 41 menit. Itulah dia – rahasia dari waktu yang ajaib ini.

Ini pertama kalinya saya mendengar Apple menyamakan waktu di gambar dan iklan-iklannya dengan waktu pada jam tangan para penonton acara peluncuran produk-produknya.

Supaya penonton terbingung-bingung kali, ya?

Sumber: Buzzblog dan Secret Lab

Untuk lebih jelasnya, mari kita saksikan iklan iPhone dan iPad:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s