Teori Global Warming Terbantahkan…..????


Apakah dunia memanas atau malah mendingin? Pertanyaan ini muncul setelah melihat peristiwa mendinginnya udara di banyak bagian dunia. Di negara bagian Florida, Amerika Serikat, yang terkenal dengan Miami Beach-nya, udara dingin juga menghantam daerah itu. Sangking dinginnya membuat buah-buahan di pohon diliputi oleh es. Selain Florida, udara dingin juga menyerang daerah-daerah lain di bagian selatan negeri. Hal yang sangat jarang terjadi.
Di Eropa dilaporkan bahwa udara super dingin juga meliputi daratan tersebut. Inggris saat ini menderita udara dingin terburuk sejak tahun 1981 dengan salju mencapai hampir setengah meter, suhu super dingin juga terjadi di Jerman -10º C, Norwegia – 40º C, sedangkan di Polandia minus 15º C. Udara dingin yang membawa salju juga dilaporkan di Belanda, Irlandia, Perancis dan negara-negara Skandinavia. Di daratan Asia, Beijing selain suhu menjadi -16º C juga menderita hujan salju terburuk dalam waktu 60 tahun, dan juga wilayah India utara dikabarkan udara menjadi sangat dingin hingga menimbulkan korban nyawa. Mendinginnya wilayah-wilayah ini sepertinya tidak sesuai dengan teori global warming yang dianut oleh sebagian besar para ahli iklim Apakah teori global warming telah terbantahkan oleh fenomena alam ini?
Denver Post)
buah jeruk yang diliputi oleh es dari air yang membeku di Florida, AS (sumber: Denver Post)
Jawabannya tidak. Ternyata fenomena udara super dingin yang tidak biasa ini bukanlah bukti bahwa teori global warming gagal. Bahkan fenomena ini tidak terkait dengan perubahan iklim. Sebagian wilayah bumi saat ini menjadi dingin karena hasil dari tekanan yang besar di atas wilayah kutub, yang mendorong udara dingin dari wilayah kutub utara itu ke arah sebagian Eropa bagian utara, sebagian Asia dan Amerika. Angin dingin itu tahun ini datangnya dari arah utara dan timur laut, bukannya dari selatan dan barat daya seperti yang selama ini terjadi . Kejadian ini dianggap sebagai kejadian alam yang bisa saja terjadi kapan saja. Hanya mengapa saat ini terjadinya sangat ekstrem tidak dapat dijelaskan oleh para akhli. Diperkirakan angin dingin yang datang dari arah kutub ini akan melemah dalam waktu satu atau dua minggu ke depan dan bergeser ke arah lain.
Jadi semua ini terjadi bukan karena bumi yang makin dingin, hanyalah peristiwa alam biasa. Secara umum bumi masih dikategorikan makin panas dengan tahun 2009 lalu disebut termasuk dalam 10 tahun terpanas bumi sejak tahun 1880. Berarti teori global warming masih berlaku. Semoga saja tahun depan angin kutub terbangnya tidak begitu kencang dan tidak lewat rute yang dipakai tahun ini jadi tidak akan sedingin seperti musim tahun ini. Udara Ekstrem panas maupun ekstrem dingin terbukti sama-sama membuat repot manusia…

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s