Tips Membuat Password Lebih Kuat atau Strong


Sudahkah password sobat strong atau kuat? Password menjadi syarat utama dalam pembuatan akun apapun yang bersifat sangat pribadi. Mulai dari E-mail, Blog, Website, Login Bank, Facebook dan akun akun yang lain. Maka dari itu apabila akun sobat tersebut sangat penting, sangat di anjurkan sekali membuat password yang cukup kuat atau strong, tentunya agar keaaman lebih terjamin. Tentunya sobat tidak ingin bukan, apabila akun yang cukup penting bagi sobat di bobol Hacker? Ya jelas Lah…

Lalu bagaimana cara membuat password strong atau kuat? Sebenarnya, membuat password yang cukup strong atau cukup kuat gampang gampang susah. kenapa gampang? karena kita tinggal mengkombinasikan antara huruf, angka dan symbol dengan deretan yang panjang. Dan mengapa susah? karena tentunya, sobat pasti ga mungkin ingat bukan dengan password yang panjang? He.. Jadi, semakin banyak dan panjang kata yang dikombinasikan dengan huruf dan angka serta symbol, maka password itu akan semakin kuat.

Menurut saya, ada tiga komponen penting dalam pembuatan password yang cukupstrong atau kuat. Yaitu:

  1. Hindari password yang merupakan kata atau istilah umum, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Seperti tanggal lahir, nama, makanan favorit, kata yang sering diucapkan dll. Karena biasanya password tersebut akan mudah diketahui orang lain atupun software cracker.
  2. Kombinasikan huruf abjad, angka dan symbol. Banyaknya kombinasi antara angka, huruf dan symbol serta panjangnya password, akan semakin memperkuat password tersebut. Apabila tidak bisa menggunakan symbol, maka alternatif yang digunakan adalah menambahkan panjang password tersebut. Karena biasanya ada beberapa layanan yang tidak mengijinkan penggunnya menggunakan password dengan kombinasi symbol. Huruf abjad yaitu a,b,c,d,e sampai dengan z. angka yaitu bilangan 0,1,2,3 sampai 9. Dan symbol adalah tanda selain huruf abja dan bilangan, seperti #$%^&*~<> dan sebagainya.
  3. Buat password yang panjang. Setiap huruf, bilangan atau symbol yang digunakan, maka akan semakin kuat password tersebut. password yang disarankan yaitu memiliki panjang minimal 8 huruf dan idealnya 14 huruf atau lebih.

Yang harus sobat perhatikan adalah:

  1. Buat password yang berbeda untuk bebarapa account yang sobat buat.
  2. Jangan membuat Password dengan huruf yang berturut-turut dan sama. Misalnya “123456789”, “111111111”, “abcdfghij” dan sebagainya.
  3. Membuat password dengan kata yang umum. Misalnya nama, tempat lahir, sekolah, merek tertentu, dan sebagainya.
  4. Membuat password dengan angka yang mirip nama sesuatu. Misalnya “imam” diganti 1m4m. “password” diganti p455w0rd” hal ini akan lebih mudah ditebak.

sumber: http://1m4m92.wordpress.com/

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s