Gerhana Bulan Sebagian 26 Juni 2010


Bulan kembali akan terjadi pada 26 Juni 2010. Peristiwa tersebut dapat disaksikan dari wilayah Indonesia pada awal malam.
Seperti dilansir laman resmi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), Gerhana Bulan ini selalu terjadi pada saat Bulan berada pada fase purnama. Namun demikian, tidak setiap purnama terjadi gerhana Bulan.

Orbit Bulan mengelilingi Bumi tidak bertepatan dengan orbit Bumi mengelilingi Matahari (disebut ekliptika), tetapi membentuk sudut sekitar 5,2o.
Sebaliknya, apabila fase bulannya purnama dan posisinya di sekitar titik perpotongan orbit Bulan dan ekliptika maka gerhana Bulan akan terjadi.

Contoh keadaan ini adalah pada tanggal 26 Juni  2010. Saat itu fase bulan sedang purnama, dan posisinya dekat dengan titik perpotongan orbit Bulan dan ekliptika.
Secara astronomis, gerhana Bulan ini disebut Gerhana Bulan sebagian (GBS) karena hanya sebagian piringan Bulan yang tertutupi oleh bayangan umbra Bumi.

GBS ini termasuk anggota seri Saros ke 120 dan merupakan gerhana yang terjadi ke 58 dari 84 gerhana yang diperkirakan terjadi pada seri Saros ini. Pada saat puncak gerhana, 53,68% piringan Bulan akan tertutupi oleh bayangan Bumi.

sumber: http://akhdian.net/2010/06/26/hari-ini-26-juni-2010-gerhana-bulan-sebagian/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s