Koin Terbesar Di Dunia Seharga Rp 44 Miliar


Sebuah perusahaan tambang emas kenamaan di Spanyol, ORO, membeli koin terbesar di dunia dengan harga 3,27 juta euro atau sekitar Rp 44,6 miliar dalam sebuah lelang di Vienna, Austria. Koin ini memiliki berat 100 kilogram.

Koin bernilai 1 juta dollar Kanada ini adalah salah satu dari lima koin daun maple yang diproduksi percetakan uang logam, Royal Canadian Mint. Koin ini masuk pasar lelang, melalui AvW Invest, setelah pemiliknya ditahan karena penipuan serta bangkrut.

AvW yang memperoleh koin ini pada 2007 ini, bergabung dalam klub bisnis eksklusif pemilik koin ini di mana salah satu anggotanya adalah Ratu Elizabeth yang juga tergambar di satu sisi koin. Selain mereka, ada anggota lain klub ini yakni dua pengusaha di Dubai dan seorang lagi misterius, tidak diketahui nama, tempat tinggal, bahkan jenis kelamin atau seks.

AvW sempat meminjamkan koin berdiameter 53 centimeter dan tebal 3 cm ini ke Museum Kunsthistorisches di Vienna dan sempat dipajang bersama koleksi foto koin dan koleksi video lainnya.

Kemurnian emas dalam koin mencapai nilai maksimal pasaran, yakni 99,999 persen. Royal Canadian Mint meluncurkan uang ini pada 2007 dan masuk dalam Guinness Book of Records sebagai koin terbesar di dunia.

sumber: http://terbaru2010.com/

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s