FIFA Masih ‘Dingin’ Soal Wasit


GambarSedikitnya dua keputusan kontroversial muncul dari dua pertandingan babak perdelapan final tadi malam. Namun FIFA masih belum merespons secara terbuka perdebatan soal kontroversi tersebut.

Gol pemain Inggris Frank Lampard di menit 39 saat menghadapiJerman di Bloemfontein, Minggu (28/6/2010), mencuatkan kontroversibegitu rupa. Wasit Jorge Larrionda asal Uruguay tidak menggangapnya sebagai gol, kendati tayangan ulang jelas-jelas memperlihatkan bola telah jauh melewati garis gawang.

Di partai berikutnya, Argentina versus Meksiko, juga tersulut kontroversi serupa ketika gol pertama Carlos Tevez disahkan, walaupun rekaman video menunjukkan bahwa penyerang Tango itu dalam posisi offside.

Berbeda dengan Lorrionda, wasit Roberti Rosetti dari Italia terlebih dulu berkonsultasi dengan hakim garis, sebelum meneguhkan keputusan golnya. Para pemain Meksiko memprotes keras sampai pertandingan selesai.

Lorrionda kabarnya menyadari kekeliruannya tidak menganggap gol Lampard adalah sah. Saat jeda turun minum, ia menyaksikan tayangan ulang peristiwa itu dan berseru “Oh, Tuhan!”.

Dalam pertemuan dengan para jurnalis, juru bicara FIFA Nicolas Maingot dimintai tanggapannya soal ini. Namun ia mengatakan “tidak pada tempatnya” memperdebatkan kesalahan-kesalahan wasit ataupun ide lama memakai teknologi video di garis gawang.

Selama ini Presiden FIFA Sepp Blatter bersikeras tidak ingin membawa teknologi itu ke lapangan sepakbola untuk membantu memaksimalkan tugas wasit.

sumber: http://pialadunia.detiksport.com/read/2010/06/28/175743/1388674/439/fifa-masih-dingin-soal-wasit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s