Pecahan Rp10.000 Bakal Ditarik


rp10000Uang lembaran pecahan Rp10.000 lama sebanyak Rp6,9 triliun yang mulai diedarkan pada tahun emisi 2005 segera ditarik secara bertahap oleh Bank Indonesia.

Penarikan dilakukan setelah uang lembaran Rp10.000 baru secara resmi diluncurkan oleh pejabat Gubernur BI, Darmin Nasution, di hadapan Wakil Presiden Boediono di Kantor BI di Jalan Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Selasa (20/7) sore. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Biro Humas Bank Indonesia Difi Djohansyah di Bandung.

“Sejak diedarkan tahun 2005, uang lembaran pecahan Rp10.000 yang diedarkan sudah mencapai nominal Rp6,9 triliun sampai sekarang ini,” ucap Difi.

Menurut Difi, dengan akan beredarnya uang pecahan lembaran Rp10.000 baru per Selasa (20/7) sore ini, uang lama lembaran Rp10.000 akan segera ditarik secara bertahap. “Penarikan secara bertahap artinya dilakukan secara alami, seperti penukaran kepada BI atau melalui transaksi lainnya,” papar Difi.

Ia juga mengatakan, uang lembaran pecahan Rp10.000 desain baru yang akan diedarkan BI sejak Selasa sore nanti mencapai 800 juta lembar dengan nilai Rp8,2 triliun. Menurut Difi, uang Rp10.000 tahun emisi (TE) 2005 yang resmi beredar sore ini memiliki ungu kebiruan dengan penambahan unsur pengaman cetakan berwarna pelangi.

Menurut sumber Kompas di BI, desain uang lembaran pecahan Rp10.000 berbentuk lingkaran dengan perubahan blind code dan penggantian tinta OVI. “Tinta OVI berupa segi delapan yang berubah warna dari hijau menjadi biru apabila dilihat dari sudut pandang berbeda. Misalnya, jika dilihat dari kanan bawah uang sekarang,” tuturnya.

Disebutkan, elemen desain utama adalah tetap. Maksudnya, bahan uang, gambar utama, dan ukuran uang tidak berubah.

sumber: Kompas

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s