Kenali Benjolan Pada Tubuh Anda


ImageAdanya benjolan pada bagian tubuh mungkin akan dapat menimbulkan rasa cemas dan takut apaskah telah terjadi kanker atau apapun. Untuk itu anda perlu untuk mengenali benjolan apakah yang terdapat pada tubuh anda.

Pembengkakan kelenjar getah bening seringkali menimbulkan kecemasan dan mengundang tanda tanya. Apakah pembengkakan merupakan hal normal, penyakit yang berbahaya atau suatu gejala dari penyakit ganas alias kanker? Agar cemas tak berkelanjutan dan tertangani baik, kita perlu mengenali penyebab pembesaran kelenjar getah bening dan gambaran klinisnya.

Sejatinya, kelenjar getah bening merupakan salah satu organ vital yang menjadi bagian dari sistem pertahanan atau kekebalan tubuh. Tubuh memiliki kurang lebih 600 kelenjar getah bening. Hanya di beberapa tempat kelenjar bisa dikenali dengan mudah dan bisa diraba, yakni di leher, ketiak, lipatan paha, panggul, dan perut.

Fungsi kelenjar getah bening adalah sebagai tempat penyaringan antigen atau protein asing dari pembuluh-pembuluh getah bening yang melewatinya. Ibaratnya, kelenjar ini adalah pos penjagaan yang akan menjaring dan mendeportasi pendatang yang mengancam kesehatan tubuh.

Nah, kita bisa mendeteksi adanya gangguan kesehatan saat kelenjar getah bening membengkak. Orang awam biasanya langsung khawatir dan menyangka pembengkakan sebagai kanker. “Padahal tidak semua pembengkakan berarti kanker, tapi bisa jadi karena penyebab lain,” kata Asrul Harsal, Dokter Ahli Penyakit Dalam Rumah Sakit Dharmais Jakarta.

Pembengkakan kelenjar getah bening bisa disebabkan infeksi akut karena di bagian tubuh lain ada yang sakit. Misal, sakit gigi dan radang telinga, atau infeksi virus pada saluran pernafasan bagian atas. Ada juga penyebab lain, yakni infeksi kronis yang umumnya terjadi karena beberapa penyakit seperti tuberkulosis (TBC), infeksi paru-paru, dan penyakit seksual.

Sekadar informasi, infeksi akut biasanya dikaitkan dengan penyakit yang datang tiba-tiba dengan jangka waktu pendek. Sedangkan infeksi kronis terjadi dari gangguan penyakit yang telah berlangsung lama. “Infeksi menyebabkan pembengkakan dan kemerahan di tempat kelenjar getah bening berada, demam, dan nyeri,” kata Asrul.

Pembengkakan kelenjar akibat jenis ini akan kempes seiring membaiknya, bagian tubuh yang terkena infeksi. Tapi bengkak kalau lebih dari satu sentimeter, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Karena kanker
Pembengkakan kelenjar juga bisa terjadi karena kanker akibat mutasi sel limfosit (sejenis sel darah putih), yang menjadi ganas dan tumbuh di berbagai organ termasuk kelenjar getah bening. Kalau kelenjar ini terserang kanker, disebut limfoma.

Cuma, menurut Suhanto Kasmali, Dokter Umum Rumah Sakit Mediros, Jakarta Timur, pendeteksian kanker atau bukan tidak bisa dilakukan kasat mata. Penentuan kanker harus melalui tahapan pemeriksaan, mulai pengambilan gambar (rontgen) hingga pengambilan sampel kelenjar getah bening atau biopsi.

Erin Destrini, dokter dari Klinik Jakarta Medical Center (JMC) menambahkan, ada dua macam kanker sistem limfatik, yakni hodgkin dan limfoma non-hodgkin. “Sel hodgkin lebih berbahaya karena menyebar melalui sel darah,” jelas Erin.

Gejala-gejala untuk mengenali pembengkakan kelenjar getah bening sebagai kanker antara lain, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, demam, hidung sering tersumbat, telinga berdengung, dan menurunnya nafsu makan berkepanjangan. Dus, setelah mengenali jenis dan gejalanya, penanganan pun bisa dilakukan dengan tepat.

 

sumber: http://beritaterbaru.net/kenali-benjolan-pada-tubuh-anda.php

3 comments

  1. minta imformasinya yea,,
    ni saya ada benjolan kecil di dekat selangkangan paha saya,kecil si kaya kacang hijau,tapi emang aku akui,di paha aku tu adalah kurap,yang waktu hidupnya tu udah hampir 3 tahun,,tu benjolan kira2 knapa yea,,,imformasinya dong,,,

  2. permisi dok saya mau tanya sudah lama bagian tubuh saya ada benjolan kecil di samping perut sebelah kanan , tadinya si cuma 1 tapi lama – lama menyebar dan bertambah banyak benjolanya gak kelihatsn cuma pas kalo diraba terasa nyeri , terus kalo malam sering sesak nafas dan telinga sebelah kiri berdengung . mohon penjelasanya
    terimakasih dr sukarno

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s