Setengah Ember Air Keluar Dari Kaki Kakek


Mbah Senan

KEDIRI – Sudah hampir tiga bulan ini Mbah Senan (76), menderita penyakit langka. Jika penyakitnya kambuh, dari pori-pori kulit kedua kakinya mengucurkan cairan bening sampai setengah ember ukuran 10 liter. “Cairannya bening seperti air serta tidak berbau. Kami pernah menampung tetesan cairan dari kedua kakinya sampai setengah ember,” ungkap Sukastri (60), istrinya, di RSUD Gambiran, Kota Kediri, Jumat (29/10/2010).

Menurut Sulastri, suaminya mulai mengeluhkan sakit sejak pertengahan Maret lalu. Mulanya badannya hanya merasa meriang dan seluruh persendiannya terasa ngilu disertai pusing layaknya sakit kepala. Namun belakangan, kedua kaki suaminya itu juga terus membengkak sampai paha seperti penderita kaki gajah. Hanya, pembengkakan di kedua kaki itu jika dipijat terasa ginjur-ginjur, empuk.

Jika sudah merasa kesakitan dari pori-pori kakinya meneteskan cairan bening. “Menjelang Lebaran dulu sakitnya paling parah, setiap hari cairan yang keluar sampai setengah ember. Sekarang kadang-kadang masih keluar tapi sudah berkurang,” jelasnya. Sulastri mengaku sudah memeriksakan sakit yang diderita suaminya ke Puskesmas Kras. Hanya, petugas puskesmas menyatakan angkat tangan sekaligus merujuk penderita ke RSUD Gambiran. “Sakitnya apa saya belum diberitahu,” tambahnya.

Sementara, Senan mengaku sekujur tubuhnya sampai sekarang masih terasa sakit dan ngilu. Sehingga sejak tiga bulan lalu dia hanya tiduran di ranjang rumahnya. “Kulit sekujur tubuh saya terasa panas,” paparnya. Sedangkan cairan bening yang keluar dari pori-pori kedua kakinya kadang-kadang juga masih keluar tetapi tidak sebanyak dahulu. “Kadang-kadang cairannya masih keluar, tapi sekarang hanya sedikit,” tuturnya.

Pantauan SURYA, kedua kaki pasien kartu Jamkesmas itu memang sudah tampak mengempis. Namun masih terlihat kerutan bentol-bentol dari tumit sampai paha yang mulai menghitam. Dari hasil diagnosa sementara dokter jaga Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Gambiran, diduga kakek Senan menderita edema atau pembengkakan di kedua kakinya. Penyakit itu tergolong langka terkait gangguan di bagian organ liver dan ginjal yang diduga mengalami masalah.

 

sumber: http://tempatterindah.com/kesehatan/air-setengah-ember-keluar-dari-kaki-kakek/?p=1960.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s