WikiLeaks Ungkap Aksi Kotor Amerika Di KTT Kopenhagen


WikiLeaks mengungkapkan kabel diplomatik bagaimana Amerika Serikat melakukan aksi manipulasi kesepakatan perubahan iklim global di KTT Kopenhagen.

kiriman kabel Kedutaan Besar Amerika menunjukkan bahwa Amerika menggunakan mata-mata, ancaman dan janji bantuan untuk mendapatkan dukungan demi kesepakatan Kopenhagen.

Ada agenda tersembunyi di balik retorika menyelamatkan dunia dari  perubahan iklim global dengan menggunakan aksi politik kotor: uang dan ancaman untuk membeli dukungan politik, memata-matai dan cyberwarfare digunakan untuk mencari dukungan.

Kabel diplomatik AS mengungkapkan bagaimana AS berupaya mencari aib negara-negara yang menentang ‘pendekatan dalam menanggulangi pemanasan global, bagaimana bantuan keuangan dan lainnya digunakan untuk mendapatkan dukungan politik, dan bagaimana AS melancarkan diplomatik global rahasia udan ofensif untuk menempatkan pihak oposisi agar sesuai kesepakatan Kopenhagen, demikian dokumen tidak resmi yang terungkap dari KTT perubahan iklim Global di Kopenhagen tahun 2009.

Menegosiasikan perjanjian iklim adalah permainan berisiko tinggi, bukan hanya karena bahaya pemanasan global bagi peradaban, tetapi juga karena rekayasa ulang ekonomi global untuk model rendah karbon akan menghabiskan dana miliaran dolar.

Demikian salah satu isi dokumen kabel diplomatik yang diungkap oleh wikileaks terkait isu dalam KTT perubahan iklim Global di Kopenhagen tahun 2009 seperti dikutip dari guardian.

Situs wikileaks sendiri telah memiliki domain baru setelah domain lama mereka ditutup dengan alasan melanggar TOC. Wikileaks sekarang dapat diakses di wikileaks.ch

3 comments

  1. Masihkah kita sebagai manusia beradab menghalalkan cara-cara licik untuk mencapai tujuan?? Kenapa orang-orang amerika selalu mengumbar perilaku-perilaku biadab??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s