10 Etika Saat Gunakan Ponsel


SAKING asyiknya menggunakan telepon genggam, banyak orang kerap melupakan etika berponsel. Apa sajakah itu?
Saat ini, keberadaan ponsel dan individu sudah seperti dua sejoli. Tak heran, saking lekatnya dengan gadget tersebut, para pengguna pun kerap melupakan etika yang seharusnya mereka taati saat berada di muka umum.

Nah, untuk menjadi pengguna ponsel yang bijak, berikut ini etika yang perlu Anda penuhi, seperti dilansir Times of India.

1.  Perhatikan nada dering yang Anda gunakan. Jangan memasang volume nada terlalu keras, sehingga membuat banyak mata menoleh ketika nadanya melengking di muka umum.

2.  Jika ragu menggunakan nada dering, gantilah sistem panggilan dalam keadaan “getar”. Ini jauh lebih aman ketimbang memasang nada dering yang memekakkan telinga.

3.  Pastikan bahwa percakapan telepon yang Anda jalani tidak mengganggu orang lain.

4.  Jangan menggunakan bahasa kasar ketika berbicara di telepon, meskipun bahasan yang Anda bicarakan dengan lawan bicara Anda sangat menarik.

5.  Jangan menggunakan “silent mode” saat berada di kereta api karena tidak akan membuat telepon masuk terdengar.

6.  Jangan pernah berteriak ketika Anda menerima panggilan telepon. Jika suara yang Anda terima kurang terdengar jelas, katakan saja padanya bahwa Anda akan menghubunginya kembali beberapa menit kemudian setelah Anda berada pada posisi aman.

7.  Matikan telepon saat Anda sedang berada di acara penting. Jika keadaan mendesak, maka katakan sejak awal bahwa Anda harus menerima telepon penting dan mintalah maaf padanya di awal atas kondisi tersebut.

8.  Ketika panggilan telepon masuk saat Anda menjalani makan bersama, sebaiknya ambil posisi menjauh agar tidak mengganggu mereka.

9.  Jangan melakukan panggilan saat bertransaksi bisnis, misalnya di bank, toko, atau sedang berada di bus, sehingga tidak menarik perhatian orang sekeliling Anda.

10.  Jangan membuat panggilan ke orang-orang di tempat yang tidak tepat. Misalnya, menerima atau melakukan panggilan di toilet tentu sangat tidak menyenangkan bukan? Jadi sebaiknya hindari kebiasaan ini.

 

sumber: http://denny-draco.blogspot.com/2011/08/10-etika-saat-gunakan-ponsel.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s